MVC (Model View Controller) dan DAO (Data Access Object)

MVC itu adalah sebuah pattern dalam membuat suatu aplikasi dimana business logic dan presentation code terpisah, tidak digabungkan menjadi satu. Business Logic akan diwakilkan oleh model, sisi tampilan direpresentasikan oleh view, sedangkan controller akan bertindak sebagai pengontrol aliran request dan data yang masuk.

Keuntungan utama dari konsep MVC ini adalah apabila kita ingin merubah aplikasi, perubahan yang terjadi di business logic tidak akan mempengaruhi presentation code. Begitu juga sebaliknya. Sehingga akan sangat memudahkan dalam sisi maintainance.

Sedangkan DAO (Data Acess Object) itu adalah sebuah pattern dimana setiap entitas memiliki suatu class yang menangangi proses manipulasi data yang berhubungan dengan entitas tersebut.

Bingung baca teori ? Ok sekarang langsung saja ke contoh. Misalnya sekarang saya akan membuat suatu aplikasi web sederhana yang berfungsi untuk menampilkan seluruh data orang, menambah orang baru, mengubah serta menghapus data. Aplikasi tersebut hanya terdiri dari dua halaman saja, halaman home menampilkan seluruh data person. Dimana terdapat link update dan delete untuk setiap datanya. Selain itu juga terdapat link untuk menambah data person baru. Sedangkan halaman person berfungsi untuk menambah data baru atau mengedit data person.

Maka dari deksripsi di atas kita akan membuat model Person, serta DAO untuk model person tersebut. Kemudian kita juga akan membuat 2 halaman jsp yaitu home dan person, yang murni hanya bertindak sebagi view saja. Lalu kita juga akan membuat 2 buah controller, HomeController yang berfungsi untuk menangani request yang masuk ke halaman home, serta PersonController yang bertugas untuk mengatur alur serta business logic ketika request masuk ke halaman person.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment